Silakan menempatkan Iklan Anda disini

Kamis, 11 Agustus 2011

KANKER (2)

Jenis Kanker

Karsinoma adalah tumor yang tumbuh dari jaringan yang melapisi organ badan, jenis kanker ini sekitar 80% dari semua kasus. Jenis yang sering didapatkan adalah karsinoma (kanker) payudara, karsinoma paru, karsinoma kolon, karsinoma ovarium (indung telur) dan karsinoma prostat.

Kanker kulit

Sarcoma adalah tumor yang berasal dari tulang (osteosarckoma), tulang rawan /kartilago (chondrosarcoma), otot (rhabdomyosarcoma), jaringan ikat (fibrosarcoma) atau lemak (liposarkoma).

Leukaemia adalah kanker yang berasal dari darah dan umumnya timbul pertama kali di organ yang membentuk darah (seperti sumsum tulang). Jenis penyakit kanker ini digolongkan akut dan kronis, bergantung pada tipe sel darah asalnya, Leukemia akut lebih cepat berkembang, dan dapat digolongkan sebagai kegawatan bidang medis.

Lalu Lymphoma, yang mengenai system kelenjar getah bening, yang terdiri dari jaringan aliran kelenjar limfe dan salurannya, system kelenjar getah bening sebenarnya berfungsi sebagai filter/penyaring di badan, menyaring mikroorgansme atau bakteri, virus dan jamur yang masuk dalam tubuh kita, sehingga tidak dapat menginvasi ke dalam aliran darah. Secara keseluruhan terdapat lebih dari 20 jenis limfoma, salah satu yang sering didapatkan adalah penyakit Hodgkin.

Germ Cell Tumours/ tumor sel germinativum (sel awal), termasuk kanker testis, selain itu juga seminoma dan teratoma. Karena amat sensitive dengan kemoterapi, kanker testis dinyatakan dapat disembuhkan dalam 95% kasus, bahkan bila sudah ada penyebaran ke tempat/organ lain (metastasis).

Penyebab kanker dari Lingkungan

• Umur :

lebih sering pada usia diatas 50 tahun
• Diet :

Diet dengan kolesterol tinggi, berlemak telah terbukti menjadi factor resiko beberapa tipe kanker termasuk kanker usus besar.

Kanker Kolon (Usus Besar)


• Obesitas :

penelitian membuktikan peranan obesitas pada beberapa jenis kanker
• Merokok :

Penyebab utama beberapa jenis kanker, terutama di paru. Produk tembakau lain seperti menghisap dengan pipa, dan mengunyah tembakau, dikaitkan dengan kanker mulut, lidah dan tenggorokan. Perokok juga lebih besar kemungkinan terkena kanker kandung kemih.


Kanker Paru

• Sinar ultraviolet dalam sinar matahari dikaitkan dengan resiko terjadinya melanoma dan

bentuk kanker kulit lain.

• Beberapa virus seperti hepatitis B dan C, human papillomaviruses (HPV), dan Epstein-Barr virus, yang menyebabkan infectious mononucleosis, juga dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker.
• Kelainan system kekebalan tubuh, seperti HIV atau immunosuppresan (penurun kekebalan tubuh) yang kadang diberikan setelah transplantasi organ dapat menyebabkan lebih mudah terkena kanker
• Penyebab lain seperti pemaparan berkepanjangan dengan zat kimia seperti asbestos, radon dan benzene, serta pemaparan dengan radiasi dosis tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencoba menyajikan Informasi mengenai penyakit dalam secara mudah dan gamblang sehingga mudah untuk dipahami