Silakan menempatkan Iklan Anda disini

Selasa, 01 Desember 2009

TERAPI AIR HEXAGONAL Apakah bermanfaat?

TERAPI AIR HEXAGONAL


Apakah bermanfaat?


Heru Wiyono, dr., SpPD


Pemakaian air sebagai terapi telah lama dikenal bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Di masyarakat penggunaan air sebagai media terapi sudah banyak kita dengar. Masih ingat geger air berkhasiat di Jombang?


Saat ini pemakaian air sebagai media kesehatan sudah banyak berkembang, mulai dari oxygenated water (air berkadar oksigen tinggi) sampai air hexagonal. Sebenarnya apakah manfaat bentuk bentuk air ini?

Hidup kita, bahkan planet kita , hampir 70% permukaan bumi terdiri dari air. 98% air asin dan hanya 2% air tawar. H2O adalah air yang kita minum. Sehingga timbul pameo “You are not just what You eat; you are what you drink”. Karena itu air amat penting untuk hidup kita.


Dalam keadaan cair, air terbentuk dari molekul yang mengalami pergolakan cepat, dengan ikatan hydrogen yang berubah secara terus menerus. Pada suhu kamar kondisi ini berubah secara konstan, sehingga timbul pendapat ikatan hydrogen yang labil ini sulit untuk terbentuknya air dalam bentuk tertentu seperti hexagonal atau bentuk apapun juga. Kalangan ini berpendapat; minum air putih beberapa gelas perhari dan mengurangi senyawa toksik seperti etanol, kafein dan obat penghilang rasa sakit, mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar, serta mengurangi jumlah lemak dalam makanan sehari-hari, semua itu dapat mendukung hidup sehat.

Mereka yang mendukung manfaat air hexagonal meyakini, bahwa air hexagonal terdiri dari 6 molekul H2O yang secara konsisten terikat satu sama lain dalam bentuk cincin, bentuk ini menjadi dasar bentukan Kristal yang lebih besar. Selain itu diyakini bahwa air hexagonal dapat bergerak lebih leluasa dalam sel mahluk hidup, selain meningkatkan penyerapan nutrisi dan pelepasan sisa sisa metabolism, sebagian pengonsumsi air hexagonal merasakan badan lebih segar setelah beberapa hari atau minggu. Diyakini bahwa air hexagonal memilki ukuran molekul yang lebih kecil dan lebih leluasa keluar masuk sel mahluk hidup, selain itu juga diyakini dapat meningkatkan komunikasi intra seluler


Dalam artikel yang sama juga disebutkan bahwa kadar air dalam tubuh manusia menurun sejalan dengan pertambahan usia, hal yang sama terjadi juga pada kadar air hexagonal dalam badan. Dalam satu laporan penelitian di Jepang dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging menunjukkan terjadinya pengelompokan air hexagonal lebih banyak terjadi pada sel-sel sehat

Semua ini masih kontroversial dan memerlukan evaluasi serta pembuktian lebih lanjut. Tetapi bila kita kembali ke prinsip dasar bahwa tubuh kita amat memerlukan cairan untuk mengganti cairan yang hilang akibat aktivitas sehari hari, sehingga peranan air dalam kesehatan tidak dapat dipungkiri lagi. Air juga mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti Natrium, kalium dan Calcium. Yang perlu diperhatikan adalah apakah air yang kita konsumsi sudah memenuhi prinsip higienitas? Apakah tidak terdapat senyawa yang bersifat toksik bagi tubuh kita? Air yang baik secara makroskopis tidak berwarna, tidak berbau dan tidak mengandung partikel (adanya partikel dapat dilihat dibawah cahaya). Juga prinsip higienitas, bila air yang diminum tidak terjamin kebersihannya, sebaiknya kita masak sampai mendidih sebelum diminum.


Penelitian menunjukkan pemberian placebo (pengganti obat) dapat mengurangi gejala klinis dan memberikan efek perbaikan pada 40% penderita dengan penyakit kronis. Dengan kata lain selama kita percaya suatu jenis pengobatan dapat membantu, umumnya akan memberikan perbaikan dalam gejala klinis. Dalam bahasa medis kita mengenal istilah sugesti. Peranan sugesti dalam kesehatan tidak dapat dipandang remeh. Masih ingat kasus batu bertuah dari Jombang?

Sampai saat ini masih ada kontroversi mengenai manfaat klinis air hexagonal, tetapi juga belum pernah dilaporkan efek samping atau negatif dari pemakaian air ini. Lalu bagaimana sebaiknya kita bersikap? Kita bisa kembali ke fakta bahwa air amat diperlukan untuk tubuh kita sehingga selama air yang kita konsumsi itu aman, tidak mengandung zat zat yang berbahaya dan higienis, konsumsi air sehari-hari memang amat penting bagi kesehatan.

1 komentar:

  1. dok,mau tanya apakah aman jika air hexgonal yg diproses dg menggunakan alat dr advance diminum bertahun2..? apa ada efek negatifnya..??

    BalasHapus

Mencoba menyajikan Informasi mengenai penyakit dalam secara mudah dan gamblang sehingga mudah untuk dipahami